Rabu, 04 Januari 2012

Fenomena GALAU

Kalau ada award untuk kata yang paling favorit di tahun 2011 kemarin , tampaknya kata GALAU menjadi juaranya deh.. ( entah tahun 2012 nanti bakal tetep nge-hits atau ngga...~ semoga ngga deh ya... ^_^ )
Ga tau tren itu berawal dari apa,dari siapa,dan dari mana.. mendadak aja banyak orang sering menggunakan kata tersebut untuk menggambarkan situasi hidupnya. Ga cuma perasaan cinta aja lho.. bingung milih makan siang aja bisa sampai galau..hehe.

Contohnya nih :
Laper nih sampai galau ; Sepi amat nih kantor, galau deh jadinya... ; Waktunya penggalauan di malam hari..
Trus belum lagi pas kita bikin status facebook,twitter,atau bbm yang sedih-sedih atau melow gitu, pasti komen dari temen-temen adalah : " lagi GALAU yaaa?? "

( Tapi jujur nih saya juga sempat memakai kata itu beberapa kali untuk mengekspresikan apa yang saya alami di hari-hari saya.. hehe.. *malu*. sekaranggg...ngga lagi dehh...:p abis dapet pencerahan... hehe..)

Galau sendiri menurut kamus bahasa Indonesia itu artinya KACAU,tidak karuan.
Menurut saya pribadi sih, galau itu artinya keadaan yang berat, bimbang gitu.. tapi bukan untuk persoalan yang ringan.
Lhaa... ini malah urusan bingung milih baju buat ngantor aja sampai galau ~ lebay dehh... :p

Berhubung fenomena GALAU ini udah merajalela banget, dan saya mulai melihat kata ini sudah tidak lagi hanya menjadi sekedar sebuah kata aja.. tapi sudah mulai menjadi life style. Udah mulai bahaya nih..
Maksudnya udah menjadi life style itu adalah karena tiap malem (kalo saya lagi ga bisa tidur sihh ), saya iseng buka twitter dan percaya atau ga percaya siihh... hampir 80% itu isinya tentang galau! dan kayak bangga and lucu aja gitu pake kata itu.. trus kebawa deh pada kehidupan nyata.. galau beneran deh.. dan bagi sebagian orang ' kalo ga galau ga gaul' - ekstrim deh..
Memakai kata tersebut dan jadilah mulai mikirin mantan, trus pekerjaan yang menumpuk, sedih sama hidupnya, dan macem2 deh..padahal kalau aja kata itu ga jadi 'trending topic' , mungkin kita ga kepikiran hal2 yang membuat 'galau' itu berlebihan.. bahkan sangat bisa untuk keluar dan melupakan situasi hidup yang buruk.

Saya posting tentang hal ini, juga bukan berarti saya menyalahkan atau anti sama kata Galau..

But guys..
I just want to share it,
Sadar ga sih kalau kata itu jadi bikin kita yang menggunakan jadi inget masa lalu, mengingat hal-hal buruk yang pernah terjadi dalam hidup kita, menghilangkan semangat, membuat sebuah hal kecil jadi lebih rumit, membuat kita terjebak dalam suasana hati yang tidak enak, dan masih banyak efek yang ditimbulkan oleh penggunaan kata ini.

Parahnya, kita juga jadi kehilangan pengharapan yang seharusnya kita pegang dengan teguh, kita lupa bahwa fokus hidup ini bukan pada hal-hal yang menjatuhkan bahkan mengobok-obok iman kita, bahkan membuat kita menikmati keadaan yang membawa kesedihan-kesedihan.

Mungkin beberapa orang bilang ini 'just have fun' ..
helloooo...... iblis bisa pake hal sekecil apapun untuk merobohkan pertahanan iman kita lho..

( Dan luar biasanya adalah waktu saya search nih alkitab elektronik saya.. disana sama sekali tidak terdapat kata GALAU lho...hehe..itu tandanya kita nih anak-anak Tuhan pada ga bole galau!!! :p )

Belajar untuk penggunaan kata yang tepat aja lah.. pakai kata galau untuk menggambarkan situasi atau keadaan yang sesuai.
Tapi sebisa mungkin, dengan meminta pertolongan Roh kudus.. supaya dihapuskanlah kata tersebut dari mulut, hati dan kehidupan kita.

Karena kita ini memiliki pengharapan yang jelas dan sempurna dalam KRISTUS YESUS, jadi ga ada satupun alasan yang bisa bikin kita GALAU.

Ganti kata tersebut dengan kata-kata yang membangun iman kita dan iman orang lain..

Efesus 4 : 29b

" .., tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia. "

Amsal 4 : 23

" Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan.karena dari situlah terpancar kehidupan."

Don't be 'galau' yaa...
But be GLAD.. because JESUS always loves and cares for me and u guys...
Have Faith :)

1 komentar:

Qfernando mengatakan...

GALAU juga bisa berarti...
GOD Always Listening And Understanding.. :)

GOD Be With Us.. :D
n' Keep On Fire Stephanie Amando